5 Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula - Toujoursspasalon.com

Breaking

Rabu, 26 Februari 2020

5 Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung belakangan semakin digemari masyarakat Indonesia, khususnya kalangan remaja atau pekerja yang memilih wisata alam untuk keluar dari rutinitasnya. Entah sekedar ikut-ikutan atau memang menjadi hobi, ada kebanggaan tersendiri bagi si pendaki ketika bisa mencapai puncak gunung yang dijelajahi.

Untuk mendaki sebuah gunung bukanlah hal yang mudah. Medan yang berat bahkan kerap kali diterjang cuaca ekstrem pegunungan menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati. Oleh karena itu, bagi pendaki pemula dianjurkan untuk melakukan latihan terlebih dahulu di gunung-gunung yang pendek atau tidak terlalu tinggi. Nah, berikut ini rekomendasi gunung yang bisa dijelajahi pendaki pemula yang dirangkum:

1. Gunung Nglanggeran

Terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Gunung Api Purba Nglanggeran hanya memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pendakiannya tidak terlalu berat, cukup dengan waktu 1-2 jam kalian bisa mencapai puncak gunung ini.

Gunung ini memiliki dua puncak terpisah, yakni Puncak Barat dan Puncak Timur. Rata-rata pendaki memilih camping di Puncak Barat, karena aksesnya lebih mudah. Namun, bagi yang ingin puas menyaksikan sunrise, bisa bermalam di Puncak Timur.

2. Gunung Penanggungan

Terletak diantara Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur) serta berjarak kurang lebih 55 km sebelah selatan kota Surabaya, Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 mdpl.  Pananggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Meskipun kecil, gunung ini sangat unik karena mulai dari kaki sampai mendekati puncak, dipenuhi banyak situs kepurbakalaan yang dibangun pada periode Hindu-Buddha dalam sejarah Indonesia.

3. Gunung Batur

Gunung api yang masih aktif ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Ketinggiannya yakni 1.717 mdpl dan cukup memakan waktu 2,5 jam untuk pendakian. Walaupun tergolong pendek, Gunung Batur dikenal sebagai salah satu gunung di Indonesia yang memiliki kaldera terluas. Gunung ini juga menyuguhkan keindahan Danau Batur berlatarbelakang Gunung Abang dan Gunung Rinjani.

4. Gunung Andong

Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Pendakiannya memakan waktu 1,5 sampai 2 jam. Gunung Andong  memiliki empat puncak. Dari puncak, pendaki dapat melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, perbukitan yang membentang serta panorama Kota Magelang.

5. Gunung Papandayan

Belum sah rasanya untuk menjadi pendaki ketika belum mencicipi Gunung Papandayan. Terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, gunung ini memiliki ketinggian 2.265 mdpl. Gunung yang menjadi favorit karena ramah bagi para pendaki ini memiliki Padang Edelweis nan molek yang bisa dilihat di antara Pondok Saladah dan Hutan Mati. Cukup 2-3 jam untuk mencapai perkemahan di Pondok Saladah.