5 Barang Yang Berbahaya Jika Disimpan Di Jok Motor - Toujoursspasalon.com

Breaking

Senin, 30 Maret 2020

5 Barang Yang Berbahaya Jika Disimpan Di Jok Motor


Hingga saat ini, motor masih menjadi kendaraan pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk bepergian dari tempat satu ke tempat lain. Body-nya yang ramping, lincah, dan lebih irit bahan bakar dibanding mobil membuat motor cocok digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Terlebih motor dilengkapi dengan bagasi yang membuat kita bisa membawa barang-barang penting tanpa perlu menenteng tas.

Kendati demikian, bukan berarti lantas kita bisa memasukkan apa saja ke dalam bagasi motor. Ada beberapa barang yang dilarang keras dimasukkan ke dalam bagasi motor lantaran dampaknya yang sangat berbahaya. Apa sajakah barang yang tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi motor? Berikut beberapa di antaranya.

1. Smartphone

Kamu dilarang keras memasukkan smartphone ke dalam bagasi motor. Sebab, smartphone termasuk benda yang temperaturnya cepat naik, dan hal ini akan memengaruhi mesin motor. Terlebih tidak semua jenis motor dilengkapi teknologi tahan panas, terlebih untuk motor-motor keluaran lama.

Menaruh smartphone yang panas di dalam bagasi motor dapat menyebabkan mesin motor mengalami gangguan bahkan hingga meledak. Untuk itu, jangan biasakan menaruh smartphone di dalam bagasi motor.

2. Powerbank

Agar smartphone bisa tetap digunakan dan terisi dayanya saat tidak menemukan stop kontak, banyak pengguna smartphone yang kemudian turut membawa powerbank ke mana pun. Yang perlu kamu ketahui adalah, jangan pernah menaruh powerbank di dalam bagasi motor, walaupun tidak sedang kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone.

Sebab, tak jarang produsen powerbank menggunakan baterai dengan kualitas rendah yang berpotensi meledak jika berada di tempat yang bertemperatur tinggi, seperti bagasi motor misalnya. Terlebih jika powerbank memiliki desain sirkuit yang buruk, yang dikhawatirkan tidak dapat mengatasi masalah-masalah seperti suhu yang terus meningkat, arus pendek, ataupun kelebihan daya akibat proses pengecasan yang terlalu lama yang dikhawatirkan dapat menyebabkan ledakan.

3. Parfum

Buat kamu yang selalu membawa parfum ke mana-mana, pastikan kamu menaruh parfum di dalam tas, bukan bagasi motor. Sebab, pada umumnya parfum mengandung alkohol. Alkohol sendiri merupakan zat kimia yang memiliki sifat mudah menguap.

Sedangkan bagasi sendiri adalah tempat yang memiliki temperatur tinggi dan juga berdekatan dengan tangki bahan bakar. Sehingga dikhawatirkan akan memicu alkohol pada parfum menguap dan dan memicu percikan api.

4. Produk kosmetik

Produk kosmetik juga tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi motor. Sebab, produk kosmetik mengandung berbagai bahan kimia yang mudah meleleh. Lelehan dari produk kosmetik ini jika mengenai bagasi maka akan menjadi kerak yang sulit dibersihkan, juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen motor.

5. Makanan

Bagasi motor merupakan bagian motor yang memiliki suhu cukup tinggi. Jika kamu menaruh makanan di sini, dikhawatirkan suhunya akan membuat makanmu menjadi rusak, seperti meleleh misalnya. Alhasil, bukan tidak mungkin makananmu akan jadi tidak layak konsumsi, belum lagi lelehan makanan tersebut yang kemudian mengotori bagasi motor dan menjadi kerak yang sulit dibersihkan. Sudah tahu kan barang apa saja yang tidak boleh dimasukkan dalam bagasi motor? Mulai sekarang, jangan asal-asalan dalam memasukkan barang ke dalam bagasi motor ya.