5 Faktor Penyebab Alis Menipis Yang Patut Diwaspadai

5 Faktor Penyebab Alis Menipis Yang Patut Diwaspadai
Pada saat ini, banyak orang yang sangat memedulikan penampilan alis milik mereka. Menebalkan alis terutama pada wanita merupakan hal yang wajar dilakukan saat ini. Banyak wanita yang berusaha memperoleh alis tebal ini secara permanen dengan cara melakukan sulam alis. Tak hanya wanita, pada saat ini juga cukup banyak pria yang peduli dengan tampilan alis mereka.

Walau begitu, sama seperti rambut, terdapat kemungkinan bahwa alis juga bisa menipis. Terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab alis menini menipis.

Salah satu faktor yang tak bisa dihindari adalah seiring bertambahnya usia. Hal ini juga bisa terjadi dalam bentuk kebotakkan alis atau ujungnya yang semakin memendek. Dilansir dari Channel News Asia, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan alis menipis.

Bertambahnya Usia
Seiring bertambahnya usia, folikel rambut menjadi semakin tipis dan lembut tak hanya di kepala namun juga di wajah. Pertumbuhan rambut juga menjadi melambat ketika usia bertambah. Ketika usia bertambah, kebotakan mungkin terjadi pada alis. Selain itu, mungkin juga munculnya uban di alis karena produksi pigmen yang menurun seiring waktu.

Kondisi Kulit
Rasa gatal yang terjadi pada alis mungkin menjadi tanda adanya masalah kulit yang menyebabkan kebotakan. Rambut membutuhkan kulit yang sehat untuk tumbuh, ketika terjadi masalah kulit, maka mungkin terjadinya kebotakan. Masalah ini bisa terjadi pada usia berapa pun dan disebabkan karena berbagai masalah seperti eksim, psoriasis, atau hal lain. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan obat-obatan dan mencegah masalah ini semakin parah.

Masalah Tiroid
Kelenjar tiroid di leher memproduksi hormon yang mengatur metabolisme. Ketika terjadi terlalu banyak atau sedikit hormon tertentu, maka akan ada kondisi tubuh yang terganggu termasuk rontoknya alis. Hilangnya alis ini mungkin terjadi karena kondisi kurangnya hormon tiroid atau hipotiroid.

Penyakit Autoimun
Salah satu penyakit autoimun yaitu alopecia bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh salah mengenali folikel rambut sebagai benda asing dan menyerangnya. Hal ini kemudian berdampak pada rontoknya alis serta munculnya kebotakan.

Kurang Sebum dan Vitamin A
Sebum memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian tahun 2011 mengungkap bahwa kurangnya vitamin A bisa menghindari produksi sebum yang sangat penting untuk melembapkan rambut dan menumbuhkannya. Kurangnya dua hal ini bisa menyebabkan menipisnya alis. Berbagai macam hal tersebut merupakan penyebab rontok atau kebotakan alis. Usahakan untuk menghindari sejumlah hal tersebut jika ingin penampilan alis tetap prima seiring bertambahnya usia.