SehatQ.com: Efek dari Minum Kopi untuk Penderita Maag - Toujoursspasalon.com

Breaking

Jumat, 20 November 2020

SehatQ.com: Efek dari Minum Kopi untuk Penderita Maag

Minum kopi tentu merupakan kebiasaan yang sering dilakukan anak muda saat ini. Terdapat pembahasan bahwa banyak manfaat dari mengkonsumsinya, namun bagi penderita maag malah dapat memicu masalah. Maka pada artikel kesehatan ini akan diterangkan lebih lanjut.

Efek Samping Minum Kopi untuk Penderita Maag

Sekarang ini banyak ditemui kebiasaan dari muda mudi untuk nongkrong dan meminum kopi. Namun bagi yang memiliki riwayat penyakit maag malah sering dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya. Lantas hal tersebut memang benar karena kandungan utama di dalamnya.

Kopi
Maksudnya adalah kafein yang langsung dapat meningkatkan produksi asam di dalam lambung. Selain itu juga akan terjadi sebuah peradangan juga mengendorkan kerongkongan bagian bawah. Hal tersebut berimbas pada mudahnya acid sampai menuju ke kerongkongan.

Peminum kopi sendiri umumnya akan mengalami heartburn. Maksudnya adalah kondisi dimana dada atau tenggorokan terasa terbakar dan panas. Umumnya untuk orang dengan keadaan sehat dapat mengkonsumsi sampai 200 mg kafein yaitu dua cangkir tiap hari tanpa adanya kendala.

Meskipun tidak terjadi efek samping tetap, akan membuat insomnia bahkan sakit perut. Jika penderita maag melakukan hal serupa akan memicu kambuhnya penyakit. Kemudian apabila masih dipaksakan bisa saja menjadi lebih parah atau kemungkinan terkena tipes.

Beberapa Cara Minum Kopi Menurut Artikel Kesehatan SehatQ.com

Meskipun mengalami penyakit maag, para penderita dapat menikmati minum kopi. Asalkan mengetahui bagaimana cara mengkonsumsinya secara benar dan mengurangi resiko kambuh. Terdapat beberapa metode yang dapat dicoba pada artikel kesehatan ini.

1. Konsumsi Kopi Berkadar Asam Rendah atau Fermentasi Dua Kali

Cara pertama bisa dengan mengkonsumsi kopi yang menggunakan jenis biji berkandungan asam rendah. hal tersebut akan membantu mengurangi resiko kambuhnya penyakit. Misalkan pemilihan arabika dengan metode tanam dataran tinggi.

Selain itu kopi dengan fermentasi dua kali juga bisa dicoba. Pasalnya banyak petani menggunakan metode ini untuk mengurangi rasa getir ketika diseduh. Jika hal tersebut dikerjakan lagi maka akan didapat rendahnya kandungan asam ketika dikonsumsi.

2. Metode Dark Roast dan Cold Brew

Cara kedua dari artikel kesehatan sehatQ.com kali ini bisa dilakukan ketika meminum kopi di kedai. Pertama ketika sedang memilih sebaiknya putuskan yang menggunakan metode pemanggangan dark roast. Pasalnya kadar kafein dari dark lebih rendah ketimbang jenis light.

Selain itu ketika diberikan opsi teknik seduh sebaiknya pilih cold brew. Alasanya karena penyeduhan dikerjakan dengan melakukan perendaman biji kopi sebelumnya hampir selama 8 jam lamana. Tentu kandungan asam serta kafein didalamnya menjadi lebih kecil ketimbang cara lainnya.

3. Penambahan Susu

Pada dasarnya kopi merupakan salah satu minuman yang bisa dipadukan dengan lainnya. penggunaan campuran susu akan menurunkan kandungan kafein di dalamnya. Hal tersebut dapat mengurangi resiko kambuhnya penyakit.

Pastikan terlebih dahulu susu yang digunakan adalah rendah lemak supaya kadar kalori bisa terjaga. Selain itu sebaiknya memakai jenis almond atau beans milk supaya mengurangi naiknya kadar asam. Inti cara dari artikel kesehatan dari sehatQ.com ini adalah membatasi asupan pemicu sebisanya.

Pada dasarnya penyakit tidak akan muncul atau kambuh jika melakukan anjuran yang diberitahukan. Namun apabila dirasa sulit bisa mengurangi pemicu utamanya sebisa mungkin. Supaya kondisi tubuh tetap bagus bisa membaca artikel dari sehatQ.com, disana tersedia beragam edukasi terkait.

Akhirnya kebiasaan minum kopi bisa tetap dilakukan dengan mensiasati supaya kandungan kafein berkurang. Jika ingin mengetahui tips-tips lain berkaitan dengan hal serupa bisa langsung mengunjungi website sehatQ.com. Tentunya Artikel Kesehatan yang disediakan memberikan manfaat.